1.
Akuntansi
dasar
1.1
Pengertian
akuntansi
Akuntansi adalah aktivitas mengumpulkan, menganalisa, menyajikan dalam
bentuk angka, mengklasifikasikan, mencatat, meringkas dan melaporkan aktivitas/transaksi
perusahaan dalam bentuk informasi keuangan
1.2 Siklus Akuntansi
Siklus Akuntansi Adalah kegiatan bertahap yang harus
dilalui dalam proses akuntansi yang jalan terus – menerus dan secara berulanng
Siklus akuntansi
dapat dibagi menjadi beberapa tahapan
Unsur – unsur Siklus
Akuntansi
·
Dokumen Dasar
adalah bukti
transaksi yang dijadikan dasar oleh
akuntan untuk mencatat, seperti :
faktur, kwitansi, nota penjualan, invoice, dll.
·
Jurnal (Journal)
adalah aktivitas meringkas dan mencatat transaksi
perusahaan berdasarkan dokumen dasar.
Tempat untuk mencatat dan meringkas transaksi tersebut disebut dengan Buku Jurnal.
·
Posting
adalah aktivitas
memindahkan catatan di Buku Jurnal ke
dalam Buku Besar sesuai dengan jenis
transaksi dan nama perkiraan masing-masing.
·
Buku Besar (General Ledger)
adalah kumpulan
dari semua rekening/perkiraan yang dimiliki
suatu perusahaan yang saling
berhubungan satu dengan lainnya dan merupakan suatu kesatuan.
·
Rekening/Perkiraan (Account)
adalah suatu kelas informasi di dalam suatu sistem
akuntansi. Atau, suatu media yang digunakan untuk mencatat informasi sumber
daya perusahaan dan informasi lainnya berdasarkan jenisnya. Misalnya perkiraan kas, perkiraan piutang, rekening modal, dsb.
1.3 Dua Jenis Dasar Akuntansi
1.
Cash Basis Accounting ( Akuntansi Berbasis Kas)
adalah suatu metode mempertemukan antara
pendapatan dengan biaya, dimana pendapatan dilaporkan pada saat uang telah
diterima dan biaya dilaporkan pada saat uang telah dibayarkan.
2.
Accrual Basis Accounting ( Akuntansi Berbasis Akrual )
adalah suatu metode mempertemukan antara
pendapatan dengan biaya, dimana pendapatan dilaporkan pada saat terjadinya
transaksi dan biaya dilaporkan pada saat biaya tersebut diperlukan untuk
menghasilkan pendapatan usaha.
1.4
Macam Laporan
Keuangan
1.
Laporan Laba Rugi (
income statement )
Adalah laporan
akuntansi yang menggambarkan jerih payah atas kegiatan perusahaan yang pada
akhir periode diukur hasilnya apakah
rugi atau untung, laporan ini juga menerangkan tentang pendapatan, beban pada
periode ttertentu
2.
Laporan Perubahan Modal
( owner’s equity Statement )
Laporan yang menunjukan perubahan modal pemilik
dalam suatu perusahaan selama periode tertentu (kurun waktunya sama dengan
laporan laba-rugi)
Akibat adanya laba/rugi bersih
dan pengambilan (drawing) oleh pemilik.
3.
Neraca
Laporan keuangan yang menyajikan posisi keuangan
sebuah perusahaan pada saat tertentu. Posisi keuangan yang dimaksud adalah
informasi mengenai asset, kewajiban atau utang dan modal pemilik maupun modal
perusahaan.
4.
Laporan Arus Kas
Adalah arus masuk dan arus keluar kas atau setara
kas. Laporan arus kas harus melaporkan
arus kas selam periode tertentu dan diklasifikasikan menurut aktivitas
operasi, investasi, dan pendanaan
5.
Penjelasan Atas Laporan
Keuangan
Laporan keuangan memuat penjelasan mengenai pos
yang tertera dalam neraca, laporan laba/rugi,laporan perubahan ekuitas dan
laporan arus kas.
Laporan Keuangan Dan Unsur-Unsurnya
1.
Laporan Laba Rugi :
§ Pendapatan
§ Beban Usaha
2.
Laporan Perubahan
Modal :
§
Modal
§
Laba Usaha
§
Prive
3.
N e r a c a :
§ Aktiva
§ Hutang
§ Modal
4. Laporan Arus Kas :
§
Aktivitas Operasi
§
Aktivitas Investasi
§
Aktivitas Keuangan
1.5 5 Persoalan
Akuntansi
1.
Pencatatan : transaksi harus dijurnal
2.
Pengklasifikasian : pengelompokan rekening
3.
Pengukuran : pehitungan
4.
Pengakuan : waktu pencatatan
5.
Pelaporan : penyajian
2.
Akuntansi
dan bisnis
2.1 Mengapa Akuntansi itu Penting ?
Kalau matematika adalah bahasa para
fisikawan, maka akuntansi adalah bahasa para businessman (pengusaha).
Akuntansi
dalam suatu bisnis sangatlah penting agar dapat mengetahui Laba/rugi
perusahaan,kestabilan serta mengetahui bisnis yang dijalani berjalan dengan
sehat atau tidak.
Pada
suatu manajemen perusahaan diperlukan Bahasa komunikasi antara
pemillik,karyawan serta kreditor yaitu bahasa komunikasi yaitu akuntansi.
Pihak
–pihak pengguna informasi akuntansi
a.
Pihak intern
Pihak intern adalah pihak yang
menyelenggarakan usaha atau disebut manajemen perusahaan.
Manajemen memerlukan laporan
keuangan untuk mengetahui tingkat kemajuan atau kemunduran perusahaan.
b.
Pihak ekstern
Pihak
ekstern adalah pihak – pihak luar yang berkepentingan dengan perusahaan.
Pihak-pihak ekstern tersebut adalah :
1. pemilik : pihak yang berkepentingan atas maju mundurnya perusahaan
mereka karena orang yang akan menanggung resiko atas modal yang telah
disetornya kedalam perusahaan.
2. Kreditor : pihak yang member kredit. Kredit dapat berupa lembaga –lembaga
keuangan seperti bank, dan lembaga keuangan bukan bank,serta pemasokyang
melakukan penjualan secara kredit
3. Pemerintah : pemerintah memerlukan informasi akuntansi untuk kepentingan
pajak.
4. Karyawan : karyawan perusahaan dapat mengetahui posisi keuangan dan
kemajuan perusahaan melalui informasi akuntansi. Informasi tentang perusahaan
tersebut untuk mengetahui apakah hak –
hak yang mereka terima sudah memadai atau belum.
2.2 Kualitas informasi akuntansi
1.
Relevan
2.
Dapat dimengerti
3.
Dapat diuji
4.
Netral
5.
Tepat waktu
6.
Dapat dibandingkan
7.
lengkap
Asumsi Dasar
Akuntansi
§
Kesatuan usaha khusus (economic entity)
§
Kontinuitas usaha (going concern)
§
Penggunaan unit moneter (monetary unit)
§
Periode waktu (time-period)
3.
Membangun
Rencana Hidup yang Berorientasi kepada Tujuan :
3.1 Sukses
Sukses menurut kamus Bahasa Indonesia adalah Berhasil
atau mencapai tujuan
Adapun yang berpendapat sukses adalah meraih apa yang
telah direncakan
Unsur Sukses
1.
Rencana :
Rencana adalah
sesuatu yang mungkin kita kerjakan dimasa yang akan datang (komitmen)
2.
Realisasi :
proses menjadikan nyata atau pelaksanaan yang nyata
Memahami berbagai faktor pendukung rencana
·
Memahami apa yang direncakan
·
Memahami apa yang diperlukan
·
Memahami harga yang harus dibayar
3.2 Berbagai Jenis Kecerdasan
Metode pengembangan talenta :
·
Berlatih
·
Membaca buku
·
Menghadiri acara
penting
·
Bergaul dengan
orang yang ahli dibidangnnya
PENUTUP
Kesimpulan
Bedasarkan
kegiatan yang penulis ikuti, dapat menyimpulkan bahwa seminar yang ini sangat
bermanfaat menambah banyak pengetahuan tentang akuntansi dasar yang sedang kami
pelajari disemester I,serta kami bisa berkonsulatsi tentang kesulitan – kesulitan
yang dihadapi pada saat mempelajari perhitungan akuntansi dan ekonomi secara
umum. Dan memberikan motivasi yang membangun kepercayaan terhadap diri.
Saran
·
Untuk buku pengantar akuntansi mengharapkan
agar di setiap akhir bab terdapat rangkuman yang dapat memudahkan pembaca untuk
belajar dan lebih mudah mendapatkan intisari per babnya
·
Untuk buku pengantar akuntansi mengharapkan
agar disetiap akhir babnya terdapat contoh soal untuk memudahkan pembelajaran
·
Untuk universitas Swadaya Gunung Jati kami
mengharapkan agar diadakannya kegiatan – kegiatan yang bermanfaat dan menambah
pengetahuan seperti seminar bedah buku ini diadakan secara rutin.
0 komentar:
Posting Komentar