Pengantar Akuntansi



1.    Akuntansi dasar


1.1       Pengertian akuntansi

Akuntansi adalah aktivitas mengumpulkan, menganalisa, menyajikan dalam bentuk angka, mengklasifikasikan, mencatat, meringkas dan melaporkan aktivitas/transaksi perusahaan dalam bentuk informasi keuangan

1.2    Siklus Akuntansi


Siklus Akuntansi Adalah kegiatan bertahap yang harus dilalui dalam proses akuntansi yang jalan terus – menerus dan secara berulanng

Siklus akuntansi dapat dibagi menjadi beberapa tahapan




Unsur – unsur Siklus Akuntansi

·                Dokumen  Dasar   
adalah  bukti transaksi  yang dijadikan dasar oleh akuntan untuk mencatat,  seperti  :   faktur, kwitansi, nota penjualan, invoice, dll.

·                Jurnal (Journal) 
adalah  aktivitas meringkas dan mencatat transaksi perusahaan berdasarkan dokumen dasar.  Tempat untuk mencatat dan meringkas transaksi  tersebut disebut dengan Buku Jurnal.

·                Posting 
adalah  aktivitas memindahkan catatan di Buku Jurnal  ke dalam Buku Besar sesuai dengan  jenis transaksi dan nama  perkiraan  masing-masing.

·                Buku  Besar (General  Ledger) 
adalah  kumpulan dari semua rekening/perkiraan yang dimiliki  suatu  perusahaan yang saling berhubungan satu dengan lainnya dan merupakan suatu kesatuan.

·                Rekening/Perkiraan  (Account) 
adalah suatu kelas informasi di dalam suatu sistem akuntansi. Atau, suatu media yang digunakan untuk mencatat informasi sumber daya perusahaan dan informasi lainnya berdasarkan jenisnya.  Misalnya perkiraan  kas, perkiraan piutang, rekening  modal, dsb.


1.3    Dua Jenis Dasar Akuntansi

1.         Cash Basis Accounting ( Akuntansi Berbasis Kas)
adalah suatu metode mempertemukan antara pendapatan dengan biaya, dimana pendapatan dilaporkan pada saat uang telah diterima dan biaya dilaporkan pada saat uang telah dibayarkan.

2.         Accrual Basis Accounting ( Akuntansi Berbasis Akrual )
adalah suatu metode mempertemukan antara pendapatan dengan biaya, dimana pendapatan dilaporkan pada saat terjadinya transaksi dan biaya dilaporkan pada saat biaya tersebut diperlukan untuk menghasilkan pendapatan usaha.









1.4       Macam  Laporan  Keuangan

1.     Laporan Laba Rugi ( income statement )
Adalah laporan akuntansi yang menggambarkan jerih payah atas kegiatan perusahaan yang pada akhir periode  diukur hasilnya apakah rugi atau untung, laporan ini juga menerangkan tentang pendapatan, beban pada periode ttertentu

2.     Laporan Perubahan Modal ( owner’s equity Statement )
Laporan yang menunjukan perubahan modal pemilik dalam suatu perusahaan selama periode tertentu (kurun waktunya sama dengan laporan laba-rugi)
Akibat adanya laba/rugi bersih dan pengambilan (drawing) oleh pemilik.

3.     Neraca
Laporan keuangan yang menyajikan posisi keuangan sebuah perusahaan pada saat tertentu. Posisi keuangan yang dimaksud adalah informasi mengenai asset, kewajiban atau utang dan modal pemilik maupun modal perusahaan.

4.     Laporan Arus Kas
Adalah arus masuk dan arus keluar kas atau setara kas. Laporan arus kas harus melaporkan  arus kas selam periode tertentu dan diklasifikasikan menurut aktivitas operasi, investasi, dan pendanaan

5.     Penjelasan Atas Laporan Keuangan
Laporan keuangan memuat penjelasan mengenai pos yang tertera dalam neraca, laporan laba/rugi,laporan perubahan ekuitas dan laporan arus kas.


 Laporan Keuangan Dan Unsur-Unsurnya
1.     Laporan Laba Rugi :
§     Pendapatan
§     Beban Usaha
2.     Laporan Perubahan Modal  :
§     Modal
§     Laba Usaha
§     Prive
3.     N e r a c a :
§     Aktiva
§     Hutang
§     Modal
4.     Laporan Arus Kas :
§     Aktivitas Operasi
§     Aktivitas Investasi
§     Aktivitas Keuangan



1.5    5 Persoalan Akuntansi

1.    Pencatatan   : transaksi harus dijurnal
2.    Pengklasifikasian    : pengelompokan rekening
3.    Pengukuran : pehitungan
4.    Pengakuan   : waktu pencatatan
5.    Pelaporan     : penyajian


2.    Akuntansi dan bisnis
2.1    Mengapa Akuntansi itu Penting ?
Kalau matematika adalah bahasa para fisikawan, maka akuntansi adalah bahasa para businessman (pengusaha).
Akuntansi dalam suatu bisnis sangatlah penting agar dapat mengetahui Laba/rugi perusahaan,kestabilan serta mengetahui bisnis yang dijalani berjalan dengan sehat atau tidak.
Pada suatu manajemen perusahaan diperlukan Bahasa komunikasi antara pemillik,karyawan serta kreditor yaitu bahasa komunikasi yaitu akuntansi.

Pihak –pihak pengguna informasi akuntansi
a.     Pihak intern
Pihak intern adalah pihak yang menyelenggarakan usaha atau disebut manajemen perusahaan.
Manajemen memerlukan laporan keuangan untuk mengetahui tingkat kemajuan atau kemunduran perusahaan.
b.     Pihak ekstern
Pihak ekstern adalah pihak – pihak luar yang berkepentingan dengan perusahaan. Pihak-pihak ekstern tersebut adalah :
1.    pemilik     : pihak yang berkepentingan atas maju mundurnya perusahaan mereka karena orang yang akan menanggung resiko atas modal yang telah disetornya kedalam perusahaan.
2.    Kreditor    : pihak yang member kredit. Kredit dapat berupa lembaga –lembaga keuangan seperti bank, dan lembaga keuangan bukan bank,serta pemasokyang melakukan penjualan secara kredit
3.    Pemerintah  : pemerintah memerlukan informasi akuntansi untuk kepentingan pajak.
4.    Karyawan     : karyawan perusahaan dapat mengetahui posisi keuangan dan kemajuan perusahaan melalui informasi akuntansi. Informasi tentang perusahaan tersebut  untuk mengetahui apakah hak – hak yang mereka terima sudah memadai atau belum.




2.2    Kualitas informasi  akuntansi

1.    Relevan
2.    Dapat dimengerti
3.    Dapat diuji
4.    Netral
5.    Tepat waktu
6.    Dapat dibandingkan
7.    lengkap

Asumsi Dasar Akuntansi
§  Kesatuan usaha khusus (economic entity)
§  Kontinuitas usaha (going concern)
§  Penggunaan unit moneter (monetary unit)
§  Periode waktu (time-period)



3.  Membangun Rencana Hidup yang Berorientasi kepada Tujuan :

3.1    Sukses
Sukses menurut kamus Bahasa Indonesia adalah Berhasil atau mencapai tujuan
Adapun yang berpendapat sukses adalah meraih apa yang telah direncakan
Unsur Sukses
1.    Rencana       :
Rencana adalah sesuatu yang mungkin kita kerjakan dimasa yang akan datang (komitmen)
2.    Realisasi       : proses menjadikan nyata atau pelaksanaan yang nyata

Memahami berbagai faktor pendukung rencana
·         Memahami apa yang direncakan
·         Memahami apa yang diperlukan
·         Memahami harga yang harus dibayar

3.2    Berbagai Jenis Kecerdasan
Metode pengembangan talenta    :
·         Berlatih
·         Membaca buku
·         Menghadiri acara penting
·         Bergaul dengan orang yang ahli dibidangnnya



PENUTUP



Kesimpulan
Bedasarkan kegiatan yang penulis ikuti, dapat menyimpulkan bahwa seminar yang ini sangat bermanfaat menambah banyak pengetahuan tentang akuntansi dasar yang sedang kami pelajari disemester I,serta kami bisa berkonsulatsi tentang kesulitan – kesulitan yang dihadapi pada saat mempelajari perhitungan akuntansi dan ekonomi secara umum. Dan memberikan motivasi yang membangun kepercayaan terhadap diri.


Saran
·         Untuk buku pengantar akuntansi mengharapkan agar di setiap akhir bab terdapat rangkuman yang dapat memudahkan pembaca untuk belajar dan lebih mudah mendapatkan intisari per babnya
·         Untuk buku pengantar akuntansi mengharapkan agar disetiap akhir babnya terdapat contoh soal untuk memudahkan pembelajaran
·         Untuk universitas Swadaya Gunung Jati kami mengharapkan agar diadakannya kegiatan – kegiatan yang bermanfaat dan menambah pengetahuan seperti seminar bedah buku ini diadakan secara rutin.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar